Kamis, 27 Desember 2012

Sejuknya Kolam Renang Tlogomas


Siapa yang tidak suka berenang? Semua orang pasti pernah merasakan berenang dengan keluarga, teman , atau pun dengan orang-orang terdekat. Yup, target utama yakni ke Kolam Renang Tlogomas. ternyata, kolam renang tersebut berwarna super hijau. Namun, kolam renang untuk anak-anak tetap biru. Ya, memang beberapa hari ini hujan mengguyur Malang terus menerus.
Kolam Renang Tlogomas merupakan tempat rekreasi yang di lengkapi kolam renang dan arena. Taman rekreasi tersebut didirikan pada tahun 1989 . Memasuki pintu masuk, wisatawan akan menemukan replika naga yang menerobos beberapa permukaan lantai lokasi wisata ini hingga terlihat pecah, membuat taman ini terlihat futuristik dan mempunyai nilai seni tinggi.

Pintu Masuk menuju Kolam renang


Salah satu pengunjung Guntur mengatakan, selain lokasinya yang nyaman, untuk menempuh Taman Rekreasi Tlogomas tidak memerlukan biaya perjalanan yang banyak apalagi letaknya strategis,disamping itu suasana yang sejuk dan banyak pepohonan menambah suasana nyaman di kolam renang ini.





Jika wisatawan datang dari arah kota Batu, bisa memilih untuk naik angkutan umum. Angkutan kota dengan kode LG, GL, AL, ADL adalah beberapa angkutan yang melewati TR Tlogomas. Atau jika ingin sedikit berolahraga, bisa dengan berjalan kaki kira-kira 4 km ke arah timur dari arah terminal. Untuk wisatawan yang datang dari arah pusat kota pun tak jauh berbeda. dengan memilih jalur angkutan LG, GL, AL, atau ADL, wisatawan bisa sampai ketempat tersebut hanya dengan membayar Rp 2.500.


Suasana asri sudah sangat terasa saat mulai memasuki gerbang taman rekreasi ini. Pohon-pohon beringin menutupi hampir seluruh area parkir sehingga meskipun matahari sedang bersinar sangat terik suasana teduh dan sejuk mendominasi tempat tersebut. Untuk masuk ke TR Tlogomas, pengunjung cukup membayar Rp 12.000 per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 06.00 – pukul 17.00. Jika bisa datang pada saat hari kerja, maka anda termasuk orang yang beruntung. Sebab anda bisa menggunakan kolam renang layaknya kolam renang pribadi. Tapi jika datang pada saat weekend (hari libur), dijamin anda hanya akan bisa berendam tanpa mampu bergerak kemana-mana karena ramainya.Salah satu kelebihan dari tempat ini adalah dari kolam renangnya yang selalu jernih, dikarenakan air yang dipakai adalah air dari sumber terdekat. Di dekat lokasi, terdapat depot soto ayam Lombok dan soto Ayam Lamongan tempat rekreasi Tlogomas tersebut didirikan pada tahun 1989. Diwilayah kota Malang, Taman rekreasi Tlogomaslah yang paling tua. 
Salah Satu Fasilitas Kolam Renang Tlogomas

Sebagai tempat rekreasi sekaligus sarana belajar Taman Rekreasi Tlogomas juga memiliki miniatur-miniatur lokasinya berada tempat setelah pintu masuk sehingga mau tidak mau kita akan dipaksa untuk menikmati miniatur itu sebelum sampai ke koma renang Miniatur itu sebelum sampai ke kolam renang. Miniatur yang ada di area tersebut antara lain, tujuh keajaiban dunia, replika candi-candi, patung tokoh dongeng dari putri salju hingga Batman and Robin, hingga binatang-binatang prasejarah. Tidak hanya itu, alien dan benda=benda luar angkasa menjadi bagian dari area tersebut. Patung dewa Kwan In. Garuda Wisnu kencana, Candi Borobudur, Menara Elfel, patung liberty, hingga tokoh pewayangan salah satunya adalah Srikandi. Hal itu menambah ketertarikan pengunjung untuk selalu datang setiap saat liburan.



"Saya pernah mencoba ke kolam renang di lokasi wisata lain, tapi panas apalagi kadang banyak bau kaporit dikolam tersebut. Ada pula yang sejuk karena di dalam ruangan itu membuat saya kurang nyaman. Namun di Tlogomas berbeda, sebab meski berada di luar sentuhan alam dengan dominasi pepohonan di tempat ini, dan disertai suara aliran sungai brantas yang alami membuat rileks sejumlah pengunjung," ucap Inces, salah satu pengunjung.

Inces mengaku, kurangnya promosi dan inovasi pengelola wisata membuat tempat wisata ini banyaknya ditinggalkan pengunjungnya, bahkan sebagian wahananya terkesan kurang dirawat, sehingga jarang pengunjung luar kota menengok lokasi wisata ini.

Info: 

Alamat  Kolam Renang Tlogomas : Jl. Simpang Tlogomas No.3 Malang Utara/Lowokwaru

Telepon                                        : 0341 580074



Queen / 09220248

0 komentar:

Posting Komentar