Kamis, 27 Desember 2012

BUDHA TIDUR DI MOJOKERTO !!!

Pintu masuk menuju patung budha tidur

Ada yang aneh dengan judul diatas ? Tidak, sebuah patung budha tidur yang berukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4.5 meter berada di Mojokerto. Tepatnya ada di dalam Maha Vihara Majapahit, di kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.
Salah satu kebanggaan agama budha ini sekarang menjadi daya tarik wisata yang ada di Mojokerto. “sudah dua kali kesini, ingin mengetahui sejarah dan ajaran agama budha dan juga foto-foto.” Tutur Cipenk wisatawan yang datang dengan pacarnya.
Patung Budha tidur ini menjadi wisata religi, meskipun menjadi tempat ibadah agama budha yang berada di mojokerto, tapi vihara tersebut menjadi wisata umum, agar masyarakat mengetahui ajaran agama budha.
Wisata utama patung budha tidur
Bangunan patung ini dibangun oleh YM Viryanadi Maha Tera sejak tahun 1993. Terbuat dari beton dan di pahat oleh pengerajin patung asal Trowulan. Satu catatan sekitar Vihara penduduknya berprofesi sebagai pengerajin patung-patung.
Cukup 2000 rupiah sebagai parkir pengunjung sudah bisa menikmati banyak patung yang ada di Vihara satu ini. “selain patung budha tidur, disini juga banyak patung-patung, relief-ralief kecil serta miniatur candi” tambah Cipenk.
Wisata patung budha tidur ini menambah keeksotisan sejarah yang ada di Trowulan Kabupaten Mojokerto. Karena selain Patung Budha ini banyak sekali peninggalan-peninggalan dari kerajaan Majapahit yang sebagian besar menganut agam budha.

Penulis : Refai / 09220255
Kamera : Refai, Dhadang, Phepo

1 komentar: