Kamis, 27 Desember 2012

Melancong ke Taman Adipura Madura

Madura adalah salah satu pulau yang unik dari beberapa pulau yang ada di bumi nusantara tercinta ini. Dan Perjalan kami kali ini yaitu menuju Sumenep (bahasa Madura: Songènèb) mempunyai arti "lembah/cekungan yang tenang". adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur,Masyarakat kabupaten Sumenep sangat ramah pada kami, mungkin disebabkan adanya pengaruh budaya kalem keraton Jawa yang dianut masyarakat, terutama para bangsawan dan abdi dalem Keraton Sumenep.
 Pariwisata merupakan salah satu potensi unggulan di Kabupaten Sumenep yaitu alun-alun Sumenep sekarang menjadi taman Adipura, setiap harinya khususnya pada malam hari dibangian utara Alun-Alun Sumenep ini terdapat pasar malam dengan menyajikan berbagai macam kuliner dan accesories yang bisa dinikmati dengan harga yang relatif terjangkau. 
Seperti halnya alun-alun kota, taman adipura sumenep ini sering kali dijadikan nongkrong para remaja atau pun keluarga untuk santai sejenak menikmati hiburan yang ada seperti topeng monyet, kicauan burung , atau pun permainan untuk memanjakan anak balita. Kebersihan di alun-alun disini juga sangat terjaga , dan sangat terawat. Kami pun beristirahat sejenak di taman ini dan berbincang-bincang dengan orang asli Sumenep bernama Joko. Beliau mengatakan bahwa pintu masuk tersebut mempunyai arti yaitu pintu senyuman. Mitosnya yaitu jika seseorang datang menuju alun-alun ini akan hilang segala penat di pikirannya dan mendatangkan kebahagian. Fasilitas di alun-alun ini pun lumayan lengkap terdapat tempat sampah pada tempatnya , sarana musik untuk membuat pengunjung merasa nyaman, dan kantor kesekretariatan untuk mencari info tentang Sumenep atau hal tentang taman adipura ini.
Jika anda berminat datang ke sini, anda bisa mencoba kuliner masakan khas sumenep dengan berbagai pilihan, harganya pun tidak banyak menguras kantong , apalagi dengan keramahan pemilik warung di alun-alun membuat kami lebih betah di Sumenep ini.
Kemudian ditambah lagi banyak penjual berbagai macam seperti baju, cd , jajanan pasaranan. Tidak heran semakin malam semakin ramai didatangi pengunjung ..
"Munla jem du belas oreng bentu keloar kakabi, esosol moso trek-trekan motor,jen rameh dek" kata Pak Sodik penjual tahu telor di taman ini.

Queen / 09220248

1 komentar:

  1. tpi tamannya ko' g' ada bunganya yaa kya' di selecta atau tman bunga nusantara..?!

    BalasHapus