Kamis, 27 Desember 2012

SAMBAL ULEK MAK PAR, PEDESNYA BIKIN NGILER


Warung Mak Par yang selalu ramai
Di lidah sebagian besar masyarakat Indonesia, tak lengkap rasanya kalau makan tanpa sambal. Ya, sambal merupakan makanan yang paling digemari oleh pecinta kuliner. Di daerah malang, banyak sekali penjual lalapan ayam dengan masing-masing sambal khasnya. Salah satunya adalah warung lalapan ayam sambal ulek Mak Par.
Bagi kalangan mahasiswa warung lalapan ayam Mak Par tidaklah asing lagi. Karena pengunjung yang datang ke warung ini rata-rata adalah para mahasiswa. “saya dari UM, sudah hampir 2 tahun  saya berlangganan di warung Mak Par.” Ujar Gatra salah satu pelanggan yang datang.
Warung Mak Par ini terasa istimewa dengan sambalnya yang langsung diulek ditempat sesuai dengan pesanan para pembeli. Pedasnya memang menusuk karena tidak tanggung-tanggung Lombok yang diulek sangat banyak. Ditambah ayam crispi yang gurih dan nasi yang masih hangat membuat nafsu makan ayam lalapan sambal ini makin bernafsu.
Proses pembuatan sambal
Di warung tersebut menyediakan berbagai macam sambal sesuai kemauan pembeli “disini ada macam-macam sambal mas, ada sambal bawang, sambal kacang, sambal tomat, dan sambal kecap.” Kata Mak Par pengelolah warung lalapan ayam.
Satu ayam crispi, tempe bobok, nasi hangat dan sambal yang khas pedas, satu porsi tersebut hanya dipatok dengan harga 6000 rupiah, cukup murah untuk dicoba. Selain itu warung ini juga menyediakan krupuk, aneka gorengan serta es. Warung ini buka mulai jam 09.00 sampai 16.00 WIB.
Meskipun masih banyak tapi pembeli diharapkan sabar karena antriannya yang cukup panjang. “iya mas ramai banget, saya sudah mengantri sejak 30 menit yang lalu tapi masih belum disediakan juga” Grutu Gatra yang datang sejak pukul 10.00.
Jika diamati, warung Mak Par tidaklah sangat istimewa hanya beratapkan seng, beralas tanah liat, cukup kecil dan lokasinya yang bisa dikatakan sulit ditemukan. Tapi hampir setiap hari pengunjungnya begitu banyak.

Penulis : Refai / 09220255
Kamera : Refai

3 komentar: