Kamis, 08 November 2012

WISATA HISTORIS DI MAKAM SOEKARNO



BLITAR ??? Ya, Kota tempat lahir dan dimakamkannya orang nomor satu Republik Indonesia saat itu Ir. SoeKarno.
Bangunan Historis di sekitar halam Makam

Tempat Makam Bung Karno merupakan salah satu wisata andalan yang ada di kota Blitar. Begitu besar nama Bapak prokalamasi Indonesia itu ini bisa dilihat dari makamnya. Begitu banyak dan berjubelnya para pengunjung atau peziarah yang datang kesana.
Makam bung Karno sekarang menjadi tempat wisata yang sangat terkenal. Selain menjadi wisata religi tempat ini juga bisa menjadi wisata pendidikan. Dimana di sekitar halaman makam terdapat
perpustakaan dan museum yang berkenaan dengan Soekarno atau peninggalan bangsa saat itu.
Sebelum datang ke Makam presiden pertama republik Indonesia tersebut, para wisatawan diturunkan di suatu terminal Karena mobil atau bus tidak boleh masuk ke area dekat makam. Yang dimana jarak antara makam dan terminal hampir kurang lebih 3-5 KM.  Disana sudah menanti ratusan tukang becak yang siap mengantarkan pengunjung ke makam bung Karno. Dengan biaya 10000 rupiah pengunjung bisa diantarkan pulang dan pergi ke makam.
Sesampai di area Makam, pengunjung disuguhkan dengan bangunan patung bung Karno. Yang disampingnya juga dibangun dinding-dinding yang bergambarkan perjuangan Bangsa Indonesia saat melawan penjajah.
Makam Bung Karno dengan bangunan joglo di atasnya
Sebelum masuk ke Makam utama ada gapura gerbang yang membentang menambah nilai budaya makam ini. Di tempat utama terdapat bangunan joglo yang didalamnya terdapat makam beliau yang dikelilingi banyak peziarah. Nisan Ayah dari Megawati tersebut ditulis dibatu hitam yang sangat besar ditambah dua bendera Indonesia yang berada di depan nisan menambah historis makam tersebut.
Di jalan keluar makam, pengunjung langsung dihadapkan dengan penjual-penjual pernak-pernik bung Karno.  Mulai dari kaos, gambar-gambar dan kerajinan tangan yang berkaitan dengan bung Karno dan lain sebagainya.
(Refai / 09220255)

0 komentar:

Posting Komentar