Kamis, 08 November 2012

WISATA BELANJA SATWA PELIHARAAN SPLENDID

Mendung menyambut kedatangan kami di Kota Malang, gunung-gunung megah yang mengelilingi kota ini menjadi hilang, tersembunyi dibalik gumpalan awan hitam dan putih yang tersebar dimana-mana. Hawa dingin menemani sepanjang perjalanan kami mengelilingi kota ini. Benar-benar eksotis! Yang paling kami kagumi adalah banyaknya bangunan peninggalan jaman kolonial yang masih terawat dengan baik. Melihat jejaknya sekarang tak heran jika kota Malang dulunya memang adalah salah satu kota penting bagi Belanda selain Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.


Belanja adalah salah satu kebutuhan masyarakat kita yang tidak pernah teralakkan, Tujuan kami disini yaitu menuju ke pasar Spliendid Malang, baik itu kebutuhan pokok kita yang lebih menarik lagi pasar hewan plendid.  Tempat tersebut berupa tempat perbelanjaan, bukan Matos ataupun MOG tempat itu adalah Pasar burung, Pasar Bunga, Pasar Ikan dan hewan-hewan peliharaan lainnya,  karena terletak di daerah atau kawasan yang bernama splendid. Pasar splendid adalah salah satu bentuk pasar hewan di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Memasuki pasar Splendid melalui Pintu 2 melalui Jalan Majapahit. Jika ingin masuk melalui Pintu 1, seharusnya melalui Jalan Kahuripan. Tapi untungnya beberapa langkah dari Pintu 2 terdapat jembatan yang tepat berada di atas Sungai Brantas yang membelah Kota Malang. Tidak hanya di sebelah kanan-kiri jembatan, bahkan para pedagang juga menempatkan dagangannya di pagar jembatan itu.

 Bagi para penyayang binatang peliharaan mungkin tempat ini akan menjadi tempat favorit untuk berbelanja

.
Pintu masuk pasar splendid
Splendid mempunyai dua akses masuk, pertama melewati jalan kahuripan dan yang kedua melewati jalan Brawijaya. Bagi pengunjung yang berada di daerah luar malang, cukup naik angkutan kota berplat AG dari terminal Arjosari dengan tarif 3500 rupiah. Atau bagi yang memakai kendaraan pribadi hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, jaraknya sekitar 5 Km dari terminal Arjosari.
Pasar splendid terbagi menjadi tiga tempat, yaitu pasar burung, pasar ikan dan pasar bunga.Belum lengkap rasanya jika kita ke Malang namun belum berkunjung ke pasar Splendid kota Malang. Pasar Splendid terletak di jalan Brawijaya dekat dengan jalan Mojopahit. Untuk mencapai Pasar Burung Splendid ini anda bisa naik angkot jalur ADL kalau dari landungsari dan jalur GA kalau anda dari arjosari atau gadang. Tak hanya jenis-jenis burung yang terdapat disana, banyak juga pedagang yang menjual ikan hias. Suasana di pasar cukup nyaman dan sejuk. Tak heran banyak pengunjung yang betah berlama-lama di sana walau sekedar hanya melihat-lihat saja. Harga yang di tawarkan pun cukup bervariasi. Untuk burung di patok mulai harga Rp 5000 sampai jutaan rupiah, tergantung jenis burung tersebut. Disana juga disediakan area parkir yang lumayan luas, dengan tarif Rp.1000/motornya. Banyak juga warung-warung yang berdiri di pasar splendid.
Berbagai satwa dan lainnya yang diperdagangkan
Yang menjadi skala besar di Pasar Splendid adalah penjual burungnya. Bervariasi dan bermacam-macam burung serta sangkar dan pakan burung dari yang bernilai Rp.15.000 sampai 1.000.000 rupiah dijual. Dan yang lebih mengherankan banyak burung-burung yang bukan dipelihara juga diperdagangkan disana, salah satunya ada burung hantu, kelelawar dan burung-burung aneh lainnya.
Pasar burung splendid tidak hanya menjual berbagai aneka burung saja, selain burung disana juga terdapat hewan-hewan peliharaan juga diperjual belikan. Aneka macam hewan peliharaan juga terlihat di sekitar pasar burung, antara lain anjing, kucing, monyet, ayam, tupai dan hewan lainnya. Berbagai macam makanan hewan peliharaan juga tersedia disepanjang jalan pasar burung.
Tidak jauh dari pasar burung, tempatnya agak ke bawah terdapat pasar ikan hias. Puluhan penjual ikan menempati lapak-lapak yang telah di sediakan. Lokasi pasar ikan splendid tidak terlalu besar sehingga ikan yang dijual kurang beraneka ragam. Tapi ada yang menarik perhatian pengunjung di lokasi pasar ikan. Salah satu lapak menjual berbagai jenis ular dan reptile-reptil lainnya. Disitu juga menyediakan tikus putih kecil sebagai makanan para ularnya.
Buat yang pengagum bunga, di daerah pasar splendid juga terdapat penjual berbagai bunga dan tanaman yang berwarna-warni. Seperti halnya pasar ikan, pasar bunga ini lokasinya juga tidak terlalu besar tapi penataan tempatnya yang bersih membuat lokasi tersebut terlihat sangat asri.
Oke, sebenernya masih ada beberapa lagi, tapi tangan sudah capek ngedit foto, upload, cari referensi dan menuliskannya. Bersambung di tulisan tentang jalan-jalan Malang berikutnya ya. Yang pasti, Malang adalah kota dengan hawa sejuk dan tanpa macet yang sangat menyenangkan untuk liburan.
1. Fika 09220035
2. Agys 09220042
3. Queen 09220248
4. Refai 09220255
5. Dahlia 09220368
Refai / 09220255

1 komentar: