Senin, 26 November 2012

Taman Nasional Meru Betiri


Indahnya Sunset

Kabupaten Jember yang berada di Propinsi Jawa Timur merupakan daerah potensial di bidang Pariwisata. Secara  geografis, Kabupaten Jember yang berbatasan dengan Samudera Indonesia disebelah Selatan mempunyai banyak obyek wisata pantai yang indah. Begitu juga dengan pegunungan yang membentang di sebelah Utara dan Timur menjadikan Jember banyak memiliki obyek wistaa alam Meru Betiri. Konon, di sinilah tempat hidup asli Macan Jawa, yang kini dikabarkan punah. Namanya diambil dari gunung tertinggi yang terdapat di dalamnya Gunung (meru) Betiri (1.223 m).

Merupakan taman nasional yang memiliki  wisata :   Budidaya tanaman yang berkhasiat jamu oleh masyarakat Andongrejo.   Olahraga turun tebing di Gunung Sodung, Goa Jepang pada ketinggian 200 m dibawah permukaan laut.   Teluk Meru dan teluk Bande Alit dengan pasir putih sepanjang 3 km, dapat digunakan untuk olahraga : jet ski, selancar angin, berenang, kano, memancing dll.

Selain dapat melihat lima jenis penyu yang kerap menyambangi pantai ini, di sana juga masih ada harimau Jawa (kabarnya). Selain itu juga bisa disaksikan banteng, macan tutul, kijang, dan berbagai jenis monyet. Dari jenis burung terdapat burung merak, berbagai elang dan rangkong. Selain itu, flora di sini mencakup Rafflesia zollingeriona dan Balanphora fungosa. Pemandangan indah dengan pantai menawan bisa dilakukan disini.

Berbagai Keindahan Taman Nasional Meru Betiri


TN Meru Betiri dapat diakses baik melalui wilayah Kabupaten Banyuwangi di timur, atau pun melalui Kabupaten Jember di sebelah barat. Yakni melewati tempat-tempat sbb.:

* Banyuwangi - Jajag - Pesanggaran - Sungai Lembu - Sarongan - Kandangan - Pantai Rajegwesi (pintu gerbang taman nasional) - Sumbersuko - Sukamade. Sukamade adalah wilayah pantai yang terkenal sebagai tempat peneluran penyu.

* Jember - Ambulu - Tempurejo - Curahnongko - Andongrejo (lokasi gerbang taman nasional) - Bande Alit. Bandealit juga merupakan wilayah pantai, di mana berlokasi sebuah perkebunan kecil di tengah hutan.

Queen / 09220248

0 komentar:

Posting Komentar