Jumat, 23 November 2012

Pantai Boom Banyuwangi

Suasana Pantai Boom di Kala Senja

Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memberikan keindahan yang menakjubkan, yaitu pantai Boom. Jika Anda baru mengenalnya, ternyata Anda harus update  saat ini, pasalnya pantai ini psudah banyak dikenal oleh turis karena keindahannya.
Lokasi wisata terbuka tersebut selalu diserbu warga yang ingin menikmati suasana pantai. Pantai yang terkenal dengan ombaknya yang berasal dari pulau dewata Bali ini menjadi salah satu kunjungan terbanyak setiap minggunya. Tempat ini juga dimanfaatkan sebagai persinggahan kapal-kapal ikan untuk melakukan transaksi jual beli ikan yang datang dari penjuru wilayah di Jawa Timur pada umumnya. Banyuwangi adalah satu dari daerah di Indonesia yang memiliki penghasilan ikan terbesar kedua seluruh Indonesia. Dan yang lebih mengagumkan lagi, ketika berada di pantai boom ini, kita sudah melihat jauh selat Bali dan pelabuhan Gilimanuk Bali.
Pantai ini sangat berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, yang memfasilitasi sebagai tempat pemandian. Sayangnya, pemerintah setempat begitu kurang peduli dengan kebersihan pantai dan sekitarnya. Banyak terlihat sampah plastik dan kaleng yang terombang-ambing di mulut pantai dan berakhir menjadi tumpukan sampah. Pantai ini bisa saja digunakan sebagai tempat pemandian, namun seperti informasi yang saya dengar, banyak sekali batu karang dan rumput laut yang berada dalam tubuh pantai. Juga kondisi pantai dengan kedalaman yang jauh dari batas normal. Sehingga tidak dapat dijamin keselamatannya.  Selain alasan itu, pantai boom ini karena menyatu dengan selat bali, sehingga ombak kapan saja bisa datang tanpa pengaruh angin dan kondisi cuaca tertentu.

Perahu Nelayan siap Berlayar

Pantai yang indah itu terus ramai dengan para pengunjung, dari sore hingga malam hari, biasanya pantai Boom ini dipenuhi pengunjung dari lokal pada saat liburan sekolah, liburan hari raya dan liburan - liburan yang mendapatkan hari yang panjang. Pantai Boom bisa menjadi daya tarik tersendiri Bagi pengunjung.Pantainya yang mempunyai latar belakang pulau Bali,serta Ombaknya yang tidak terlalu besar.

Rute Pantai Boom:
  • Bila Dari Arah Surabaya Langsung menuju Kabupaten Banyuwangi dengan Jalur selatan sampai di Masjid Agung Banyuwangi Atau Juga Alun Alun Kota Banyuwangi Belok Kanan sekitar 2 Km sampai Pantai Boom.Bagitu juga sebaliknya bila dari Penyebrangan Ketapang,sampai Alun alun Kota Banyuwangi Belok Kiri.
 Queen / 09220248

2 komentar:

  1. Bagus untuk mampir ke pantai ini sebelum ke Bali YAH ?
    Apakah jika memasuki pantai ini dikenakan biaya?

    BalasHapus