Kamis, 08 November 2012

Masjid Agung Jami' yang Penuh Kharisma



Masjid dalam arti sempit merupakan tempat yg mulia di sisi Allah SWT. Karena itu Allah memberikan perhatian yg sangat khusus terhadap tempat tersebut. Hal itu terbukti dengan banyaknya janji yg ditebar oleh Allah SWT terhadap orang-orang yang mau memelihara dan membangun tempat itu. Salah satu di antara sekian banyak janji itu adalah bahwa Allah akan membuatkan rumah di surga bagi orang yg menggunakan hartanya untuk membangun masjid. Janji ini sesuai dengan sabda Nabi saw “Barangsiapa membangun dari harta yang halal sebuah masjid untuk Allah maka Allah mesti membangunkan rumah untuknya di Surga.”
Salah satu contoh masjid terbesar di Malang adalah masjid  Agung Jami’, Keberadaan Masjid Agung Jami’ Malang tepat di depan alun-alun yang merupakan jantung kota semakin menegaskan citra religius tersebut. Masjid yang sudah berumur lebih satu abad tersebut merupakan simbol ketaatan
masyarakat Malang kepada Yang Maha Kuasa. Bangunan megah Masjid Agung Jami’ Malang dipengaruhi dua gaya arsitektur, yaitu Jawa dan Arab. Gaya arsitektur Jawa terlihat pada adanya empat tiang utama penyangga masjid dengan konsep soko guru, sedangkan arsitektur Arab terlihat pada bentuk kubah menara masjid serta konstruksi lengkung pada bidang-bidang bukaan.Masjid tua yang anggun penuh kharisma, menenangkan hati siapapun yang beribadah disana. Masjid ini dipercaya sebagai satu dari 3 masjid tua di propinsi Jawa Timur yang di anggap sebagai tempat Mustajabah, atau tempat dimana doa doa dari hamba hamba yang beriman akan dikabulkan oleh Allah Subhanahuwata’ala.

Masjid Agung Jami' tampak depan


Keseluruhan bangunan masjid terlihat sangat cerah dan bersih karena dilapisi oleh cat berwarna putih dengan aksen hias hijau muda. Penempatan dua menara besar yang menjulang tinggi menyatu dengan bangunan utama mengingatkan pada bentuk masjid- masjid di Turki.
Jika di bagian luar masjid terlihat pengaruh unsur modern, di dalam sebaliknya. Dominasi material kayu pada jendela, pintu, dan plafon, ditambah dengan aksen rangka kayu pada plafon mengesankan gaya ruang tradisional.
Selain menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan, Masjid Agung  Agung Jami’ Malang juga memiliki sebuah stasiun radio bernama Madina FM dan website untuk mendukung fungsi dakwah masjid.
Masjid Agung  Agung Jami’ juga merupakan sarana keagamaan yang memiliki makna strategis bagi umat Islam di Malang, tidak saja dalam masalah ritual keagamaan tapi juga berkaitan dengan persoalan-persoalan kemasyarakatan, sosial dan budaya dalam arti luas.

Arsitektur Masjid Agung Jami'

Ini lah suasana dalam pada masjid agung didalam arsitekturnya masih menggunakan tiang kayu tetapi keliatan pada tiang tersebut terliahat ada sebuah ukiran dimana yang membuat suasana masjid ini sangat mewah.pada suasana dalam bangunan masjid lampunya menggunakan lampu susun dan juga bangunan ini menggunakan karpet suasana dalam ini membuat kita sangat senang dengan suasana ini. Selain itu pintu masuk bangunan masjid agung jami di mana bentuknya menggunakan arsitektur jawa.pada pintu ini terdapat jam digital di atasnya yang berguna untuk melihat waktu.pintu ini menggunakan dua daun pintu.arsitektur jawa pada pintu ini sangat di tekankan sehingga suasana masjid ini sangat bagus.
Tidak salahnya anda berkunjung ke masjid terbesar di Malang ini sambil menikmati suasana pemandangan di sekitar masjid yaitu alun-alun kota Malang.


Queen / 09220248


0 komentar:

Posting Komentar