Selasa, 09 Oktober 2012

Candi/Stupa Sumberawan Singosari

Sampai saat ini candi masih banyak didapati di berbagai wilayah Indonesia, terutama di Sumatra, Jawa,  dan Bali. Walaupun sebagian besar di antaranya tinggal reruntuhan, namun tidak sedikit yang masih utuh dan bahkan masih digunakan untuk melaksanakan upacara keagamaan. Sebagai hasil budaya manusia, keindahan dan keanggunan bangunan candi memberikan gambaran mengenai kebesaran kerajaan-kerajaan pada masa lampau.

Kali ini saya berkunjung kesuatu Candi Sumberawan ,Toyomarto,kecamatan Singosari.

Bangunan ini terlihat masih utuh akan tetapi didalamnya nampak rapuh. Namun, candi ini nampak indah dengan keindahan taman bunga disekitar candi Stupa Sumberawan tersebut,dari sumber informasi yang saya ambil yaitu  

Candi Sumberawan merupakan peninggalan sejarah yang berasal dari sekitar abad 14 atau awal abad 15. Dalam prasasti Negarakertagama disebutkan bahwa, Candi Sumberawan diidentifikasikan sebagai Kasurangganan atau Taman Surga Nimfa dan telah dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk dari Majapahit di 1359. Candi Sumberawan pertama kali ditemukan pada tahun 1904 dan pada 1937 diadakan pemugaran oleh pemerintahan Hindia Belanda pada bagian kaki candi. Candi sumberawan merupakan satu-satunya candi yang berbentuk stupa di Jawa Timur.

Candi Sumberawan tidak memiliki tangga naik ruangan di dalamnya yang biasanya digunakan untuk menyimpan benda suci. Jadi, hanya bentuk luarnya saja yang berupa stupa, tetapi fungsinya tidak seperti lazimnya stupa yang sesungguhnya. Diperkirakan candi ini dahulu memang didirikannya untuk pemujaan. Suasana yang teduh di sekitar candi menjadikan tempat ini cocok untuk menjadi tempat wisata dengan menambah wawawan dan pengetahuan tentang candi tersebut.

 

Queen / 09220248

bentuk dari candi sumberawan


2 komentar:

  1. saya perna ke candi sumberawan , ssyangnya candi ini masih kurang terawat dan akses untuk angkutan umum masih sulit , mohon untuk dicarikan solusi untuk percalanan ke candi tersebut, terima kasih.

    BalasHapus
  2. uNTUK wisata ke candi saat ini sudah melewati jalan beraspal, tidak seperti dulu. jadi banyak alternatif menuju candi ini.

    BalasHapus